Cara Mudah Maksimalkan SEO Video dalam YouTube

Cara Mudah Maksimalkan SEO Video dalam YouTube

Cara Mudah Maksimalkan SEO Video Dalam YouTube

 

Konten YouTube selain berkualitas tinggi juga harus dioptimalkan sehingga dapat ditemukan dengan mudah melalui mesin pencari. Memaksimalkan SEO adalah hal yang Anda butuhkan untuk mengembangkan channel YouTube Anda. Untuk meningkatkan klik, view, subscribe dan income yang didapat, Anda harus memaksimalkan SEO video untuk YouTube search. Bagaimana cara kerjanya? Apa langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengoptimalkan channel YouTube Anda?

 

Judul

 

Saat ini banyak blogger yang mendulang dollar dari google adsense pindah haluan dengan menjadi YouTuber. Karena YouTube mudah menghasilkan uang. Ketika mencari video, salah satu hal pertama yang menarik perhatian user adalah judulnya. Hal ini sangat menentukan apakah user akan mengeklik untuk menonton video Anda atau tidak. Judul adalah bagian utama yang akan diindeks oleh Google maupun YouTube. Lakukan modifikasi dan penambahan keywords didalamnya. Hal ini akan membuat peringkat video jadi lebih ramah dengan search engine.

 

Judul yang dipilih agar meningkatkan SEO video untuk YouTube tidak hanya harus menarik, tetapi juga harus jelas dan ringkas. Pastikan judul tersebut cocok dengan apa yang sedang dicari oleh user. Penelitian yang dilakukan oleh Backlinko menemukan bahwa video dengan pencocokan kata kunci yang tepat dalam judul memiliki keuntungan dibandingkan yang tidak. Pastikan untuk mempertahankan judul yang cukup singkat. Content Strategist HubSpot Alicia Collins merekomendasikan untuk membatasi judul hingga 60 karakter agar tidak terpotong tampilannya.

 

Deskripsi

 

Tahu maksud dari adanya kolom deskripsi video YouTube? Menurut Google, batas karakter resmi untuk deskripsi video YouTube adalah 1.000 karakter. Meskipun boleh saja menggunakan semua 1000 karakter itu, ingatlah bahwa penonton kemungkinan besar menggunakan YouTube untuk menonton video, bukan untuk membaca cerita. Jika Anda memilih untuk menulis deskripsi yang lebih panjang, perlu diingat bahwa YouTube hanya menampilkan dua atau tiga baris teks pertama – yang berjumlah sekitar 100 karakter.

BACA JUGA :  Cara Mudah Memaksimalkan SEO Website dengan Gambar

Setelah itu, penonton harus mengklik “show more” untuk melihat deskripsi lengkap.

 

Karena itulah kami menyarankan untuk memuat uraian di bagian depan dengan informasi yang paling penting, seperti call to action (CTA) atau tautan yang penting. Anda boleh meletakkan keyword sewajarnya dalam deskripsi. Deskripsi yang optimal dapat membantu muncul di sidebar video yang disarankan. Hal ini merupakan sumber penayangan yang signifikan untuk sebagian besar channel.

 

Tag

Optimasi SEO video untuk YouTube juga dapat lakukan dengan penambahan tag yang cocok dengan keyword pilihan. Penggunaan tag sangat disarankan untuk memberi tahu penonton tentang apa isi video Anda. Tetapi tidak hanya memberi tahu penonton – Anda juga memberi tahu YouTube itu sendiri. Penggunaan tag berguna untuk memahami konten dan konteks video Anda. Dengan tag, YouTube mencari tahu cara mengaitkan video Anda dengan video serupa, yang dapat memperluas jangkauan konten Anda.

 

Akan ada keuntungan bila Anda menggunakan tag yang tepat. Yaitu ketika terdapat video lain menggunakan tag serupa, video Anda akan secara otomatis muncul di sidebar. Tapi pilihlah tag Anda dengan bijak. Jangan gunakan tag yang tidak relevan hanya karena menurut Anda itu akan memberi lebih banyak penayangan, bahkan Google mungkin akan memberikan penalti untuk itu. Mirip dengan deskripsi, pilih tag dengan kata kunci yang paling penting. Termasuk perpaduan yang baik dari kata kunci yang umum dan lebih panjang. Seperti menjawab pertanyaan seperti “how do I?”

 

Kategori

 

Optimasi SEO video bertujuan agar video itu berada di peringkat atas dalam hasil pencarian. Baik pencarian YouTube ataupun pencarian Google saat user mengetikkan kata kunci. Setelah mengunggah video, Anda dapat mengelompokkannya di advanced setting atau setelan lanjutan. Memilih kategori adalah cara lain untuk mengelompokkan video Anda dengan konten serupa di YouTube. Mungkin tidak sesederhana yang terlihat untuk pencarian.

BACA JUGA :  Tips Untuk Memaksimalkan SEO Website dalam Bisnis Online

 

Faktanya, marketer menjalani proses yang komprehensif untuk menentukan kategori mana setiap video berada. Siapa pembuat konten teratas dalam kategori ini? Adakah pola di antara saluran serupa dalam kategori tertentu? Selain itu, promosikan video YouTube Anda secara kreatif. Bisa dengan menggunakan facebook, instagram, twitter Google Plus, dan media sosial lainnya untuk mengenalkan kepada user tentang channel YouTube Anda.

 

Thumbnail penting untuk seo video untuk youtube

 

Thumbnail adalah gambar utama yang dilihat penonton saat melihat daftar hasil video. Bersama dengan judul video, thumbnail memberikan informasi kepada penonton tentang konten video, sehingga dapat mempengaruhi jumlah klik dan tampilan yang diterima video Anda. Meskipun selalu dapat memilih salah satu opsi thumbnail yang dihasilkan secara otomatis oleh YouTube, sebaiknya gunakanlah thumbnail khusus. Sebanyak 90% dari video yang berkinerja terbaik di YouTube memiliki thumbnail khusus, dan penggunaan gambar berukuran 1280×720 piksel, mewakili rasio 16: 9 dan berukuran 2MB atau lebih kecil dalam format .jpg,. file gif, .bmp, atau .png.

 

Jika Anda mengikuti parameter tersebut, hal itu dapat membantu memastikan bahwa thumbnail Anda muncul dengan kualitas yang baik di beberapa platform tampilan. Penting untuk dicatat bahwa akun YouTube Anda harus diverifikasi terlebih dahulu untuk mengunggah thumbnail khusus. Untuk melakukannya, kunjungi YouTube.com/verify dan ikuti petunjuk yang tercantum di sana.

 

SRT Files (Subtitles & Closed Captions)

 

BACA JUGA :  Apa Itu Pengertian Search Engine Optimization ( SEO ) ?

Seperti banyak hal lain yang telah dibahas untuk mengoptimalkan SEO Video untuk YouTube, subtitle dan teks dapat meningkatkan pengoptimalan penelusuran YouTube dengan menyorot kata kunci yang penting. Untuk menambahkan subtitle atau teks ke video, Anda harus mengunggah transkrip teks yang didukung atau sub judul file. Anda juga dapat langsung memasukkan teks transkrip untuk video sehingga secara otomatis disinkronkan dengan video.

 

Menambahkan subtitle mengikuti proses yang serupa, namun Anda dapat membatasi jumlah teks yang ingin Anda tampilkan. Buka video managerkemudian klik “Video” di bawah video manager. Temukan video yang ingin Anda tambahkan subtitle atau teks tertutup, dan klik panah tarik-turun di samping tombol edit. Kemudian, pilih ” Subtitle / CC. ”Kemudian dapat dipilih bagaimana Anda ingin menambahkan subtitle atau teks tertutup.

 

Mengoptimalkan dan riset kata kunci video

 

Bila peringkat di YouTube sangat bagus, keyword akan membantu meningkatkan peringkat video Anda di Google lebih baik. Lakukan riset keyword untuk meningkatkan SEO serta meningkatkan pengujung pada video Anda. Riset keyword sangat penting untuk mengetahui kata kunci apa yang saat ini banyak dicari dan sedang populer. Hal ini berguna agar Anda dapat menentukan video dengan tema apa yang ingin diupload. Selain itu, seberapa besar trafic dan potensi iklan yang akan diterima juga bisa Anda prediksi.

 

Anda bisa memanfaatkan tool riset keyword yang tersedia di google adword. Bisa juga menggunakan tool Google Trends yang lebih mudah dan simpel. YouTube menghargai channel yang memiliki reputasi baik. Channel ini berarti punya tingkat relevansi yang tinggi dalam satu video dan video lain yang terkait. YouTube akan mengapresiasinya dengan membuat video tersebut berada di halaman depan dengan kata “Populer on YouTube”.

Filed in: SEO

Share this post