Alasan Kenapa Strategy SEO Gagal

Alasan Kenapa Strategy SEO Gagal

Alasan Kenapa Strategy SEO Gagal

 

Satu kali Saya pernah membaca sebuah artikel dari seseorang yang mengaku ‘ahli SEO’ yang mengatakan bahwa SEO (Search Engine Optimization) sudah berakhir untuk era algoritma penguin Google. Saya cukup kaget membaca artikel beliau (maaf saya tidak sertakan link sumber, silahkan cari di google) dan sempat merasa agak ‘down’ karna SEO adalah salah satu keahlian saya di dunia internet marketing. Bersaamaan dengan itu beberapa money site saya mengalami penurunan SERP yang signifikan di search engine google, dan membuat trafik dan earning anjlok secara drastis. Saya sempat berfikir bahwa artikel itu benar, bahwa tehnik SEO sudah tamat untuk selamanya.

Lalu saya dan beberapa teman menggali informasi lebih dalam dan melakukan beberapa riset percobaan mengenai perubahan yang terjadi pada search engine google. Dan saya menemukan beberapa informasi dan fakta bahwa sebenarnya tehnik SEO masih bisa diandalkan namun perlu dimodifikasi. Lalu anda mungkin bertanya kenapa strategy SEO anda gagal? Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa strategy SEO yang anda terapkan tidak berhasil atau bahkan memberikan dampak buruk pada website anda:

 

1. Website Anda Payah

Inilah kenyataan yang sering terjadi pada era algoritma google panda dan google penguin! Sekarang ini SEO tidak hanya tentang backlinks yang banyak tapi lebih dari itu, sekarang google bot juga melihat kualitas website anda. Anda harus memiliki konten yang berkualitas untuk dapat memenangkan perhatian google. Selain itu google juga memperhatikan aktifitas user di website anda dan juga social media. Jika anda tidak memiliki konten yang disukai oleh user anda atau tampilan dan navigasi yang jelek, kemungkinan besar website anda akan mendapat masalah di SERP, terutama google.

BACA JUGA :  Tips Penting Untuk Memaksimalkan SEO Website

 

2. Anda Menggunakan Taktik SEO Yang Lama

Algoritma search engine google atau search engine lainnya selalu berubah dari waktu ke waktu, karna itu taktik SEO yang dilakukan juga berubah dari waktu ke waktu disesuaikan dengan perubahan algoritma search engine. Kampanye SEO yang tidak uptodate bisa berdampak buruk pada SERP (Search Engine Result Page) website anda, selalu lakukan kampanye SEO yang uptodate untuk menjaga posisi SERP website anda.

 

3. Anda Memilih Niche Yang Terlalu Sulit

Memilih niche yang terlalu sulit adalah sebuah resiko pada bisnis anda karena anda pasti akan berhadapan dengan kompetitor lain yang mungkin sudah sangat terkenal dengan niche tersebut. Anda akan berkompetisi dengan website besar dan merek terkenal yang sudah dipercaya oleh search engine, mungkin anda merasa siap untuk berkompetisi tapi ini akan menjadi sesuatu yang membuat anda frustasi, dan anda harus siap dengan itu.

 

4. Anda Tidak Memiliki Tools Untuk Menganalisa Website dan Melacak Goal Anda

BACA JUGA :  Cara Mudah Memaksimalkan SEO Website dengan Gambar

Mungkin anda tidak mau repot untuk menginstal tools analisa di situs anda, tapi bagaimana mungkin anda mengetahui trafik website anda dan goal anda tercapai jika web anda tidak terinstal tools untuk menganalisanya? Menginstal google analytics pada website anda adalah suatu keharusan bila anda ingin berhasil dalam kampanye SEO anda, sehingga anda tahu apa goal anda yang tercapai dan strategy apa yang cocok untuk kampanye SEO anda.

 

5. Fokus Keywords Situs Anda Terlalu Sempit

Fokus pada sebuah niche adalah pilihan yang baik, tapi bila anda memilih keywords (kata kunci) yang terlalu sempit atau jarang dicari melalui search engine maka kemungkinan besar trafik yang anda dapatkan juga akan sangat sedikit. Anda perlu sedikit memperluas keywords situs anda untuk mendapatkan kesempatan menjangkau audiens yang lebih luas namun masih tetap pada niche anda.

 

6. Membangun Backlinks Dengan Cara Yang Salah

Membangun backlinks adalah sesuatu yang disarankan untuk kegiatan SEO, kita semua setuju tentang ini! Tapi pada era algoritma panda dan penguin, anda tidak disarankan membangun backlinks dengan cara lama sesuka hati. Anda mungkin pernah tergiur dengan jasa backlinks yang menawarkan 10.000 backlinks dalam tempo singkat dan cukup dengan membayar Rp 100.000,- WOW! Jika anda pernah menggunakan jasa tersebut pada masa panda dan penguin, hasilnya saya bisa tebak… kemungkinan besar kampanye SEO anda gagal! Untuk membangun backlinks yang sehat untuk website anda, anda harus memperhatikan kualitas backlinks, dan harus terlihat natural.

BACA JUGA :  Cara Mudah Untuk Memaksimalkan SEO WordPress

 

7. Anda Tidak Menggunakan Social Media

Saya berkeyakinan bahwa hampir semua orang memiliki akun social media, misalnya twitter, facebook, pinterest, google plus, dan lain-lain. Jika anda memiliki website tapi tidak punya salah satu akun social media,  menurut saya ini sebuah kekeliruan besar… sungguh terlalu! Jika anda melakukan kampanye SEO dan berpikir bisa memenangi persaingan SEO tanpa menggunakan social media, maka saya bisa mengatakan bahwa anda sedang membodohi diri anda sendiri!

 

8. Anda Tidak Sabar

Sangat disayangkan bahwa proses SEO tidak terjadi dengan cepat. Anda melakukan semua effort dengan cara yang benar tapi mungkin hasil yang anda harapkan tidak terlihat dalam hitungan hari atau minggu atau bahkan bulanan. Tidak ada waktu yang pasti kapan kampanye SEO anda akan terlihat hasilnya, tapi saya katakan bahwa effort yang benar dan kesabaran adalah suatu keharusan yang dilakukan oleh seorang webmaster, bahkan ketika anda tidak mendapatkan hasil pada waktunya anda harus tetap melakukan SEO anda dengan sebaik-baiknya.

Filed in: SEO

Share this post